YT Leadership Foundation





Pengantar

Melihat praksis Presiden Joko Widodo “yang memberi penghargaan Negara kepada 52 Tokoh Bangsa dari perspektif Kepemimpinan”, menjelaskan bahwa beliau sedang menerapkan Pygmalion Effect (PE).

Pygmalion Effect atau “Law of Attraction”, atau “Law of Equal Recompence” (Matius 7:12; Lukas 6:31) adalah “gaya kepemimpinan dengan efek balik yang positif”. Pygmalion Effect ini ditandai dengan pola berpikir; berpraduga; dan berharap yang positif, dengan gaya positif proaktif, yang memandang segala sesuatu dari sudut pandang yang baik, melalui pikiran, sikap, kata serta tidakan.

Alasan kuat untuk sikap ini adalah:

Pertama, Ada kepentingan yang lebih besar yang harus ditangani, melalui langkah penting yang kecil demi mengendalikan “faktor x” yang dapat memicu ledakan sosial melalui pendekatan PE.

Kedua, Pendekatan PE ini memberi ruang meredam “pertentangan sosial” demi memfokuskan upaya kepada hal positif yang lebih besar.

Ketiga, Pendekatan PE adalah upaya menciptakan dan menghadirkan keseimbangan sikap pribadi, mau pun sosial

Keempat, Langkah PE adalah Pendekatan sosial berefek kuat, demi mengendalikan “meme” yang terpelintir di media sosial demi membalik keuntungan di pihak Pemimpin.

Kelima, Gaya Kepemimpinan PE yang diterapkan adalah strategi jitu yang meneguhkan kedudukan Pemimpin di atas oposan, dan menempatkannya di depan dalam percaturan.

Keenam, Strategi PE adalah taktik terbaik untuk mempertahankan momentum positif, dengan membalikan yang negatif ke arah positif.
Ketujuh, Gaya Kepemimpinan PE adalah cara dan pendekatan terbaik untuk memimpin dengan efek yang dapat ditebak, demi memisahkan “domba dari kambing” untuk dikendalikan. Salam Kepemimpinan

www.yakobtomatala.com

Leave a Reply