YT Leadership Foundation





Pengantar

Pemazmur dalam Mazmur Nomor 136 menyanyikan kidung pujian yang mengagungkan kebaikan TUHAN Allah kepada umat-Nya dalam lintasan sejarah. Pemazmur mengawali dengan ajakan, “Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya” (ayat 1). Alasan penting untuk bersyukur kepada TUHAN antara lain, adalah:

Pertama, TUHAN Allah Sang Pencipta adalah Penjamin yang memastikan jaminan bagi kehidupan umat-Nya (ayat 1-9).

Kedua, TUHAN Allah Pencipta, membuktikan bahwa Ia adalah Pembebas yang telah membebaskan umat-Nya dari penindasan di Mesir dan membawa ke Tanah Perjanjian (ayat 10-15).

Ketiga, TUHAN Allah membuktikan bahwa Ia setia memenuhi janji-Nya mengaruniakan tanah terjanji, melindungi dan memberi kemenangan bagi umat-Nya (ayat 16-22).

Keempat, TUHAN Allah membuktikan bahwa Ia adalah Pemelihara dan Pencukup keperluan hidup umat-Nya, dengan terus membebaskan serta mencukupkan (ayat 23-25). Karena itu, ada alasan kuat untuk berseru, “Bersyukurlah kepada Allah semesta langit! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya” (ayat 25).

REFLEKSI:
Memahami kebenaran tentang TUHAN Allah Sang Mahabaik ini, maka tatkala menghadapi ancaman Covid-19, kita diingatkan oleh Nabi Nahum yang mengarahkan perhatian kita kepada TUHAN Allah dengan menegaskan, “TUHAN itu baik; IA adalah tempat pengungsian pada waktu kesusahan; IA mengenal orang-orang yang berlindung pada-Nya dan menyeberangkan mereka pada waktu banjir” (Nahum 1:7-8a).

Camkanlah bahwa Covid-19 adalah pengingat bagi kita untuk bersandar pada TUHAN Allah, guna meneguhkan iman dan pengharapan kita, karena Ia adalah tempat pengungsian kita dari ancaman kesusahan karena Covid-19.

Ia adalah Pelindung kita, Ia mengenal kita yang berlindung pada-Nya, dan menyeberangkan kita melewati ancaman banjir kekuatan Covid-19, membawa kita ke seberang dengan selamat. Karena itu, jangan kecut hati, jangan takut, TUHAN Allah beserta kita (Yosua 1:9), dan menjadikan kita lebih dari pemenang (Roma 8:37).

Selamat menikmati kebaikan TUHAN Allah Sang Pelindung yang sedang menggendong, menyeberangkan kita melewati ancaman Covid-19. Salam

www.yakobtomatala.com

Leave a Reply