Leadership, Thoughts, Books, Writing !

TENTANG BUKU ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN

0 784

TENTANG BUKU ANTROPOLOGI KEBUDAYAAN

Anda tentu bertanya, apa sesungguhnya keunikan dari buku Pengantar Antropologi Kebudayaan: Dasar-dasar Pelayanan Lintas Budaya ini, dibandingkan dengan buku-buku lain yang telah terbit sebelumnya. Keunikan dari buku ini ialah bahwa buku ini menyoroti Antropologi Kebudayaan secara obyektif dengan melihatnya sebagai the total life way dari sekelompok orang, yang telah berkembang unik untuk jangka waktu yang panjang. Tesis utama buku ini ialah bahwa manusia budaya hanya dapat dipahami dengan mengamati the total life way berkenan dengan apa yang mereka pikirkan, apa sikap mereka, apa yang mereka katakan dan apa yang mereka lakukan dalam mengelola lingkungan untuk memenuhi kebutuhan keseharian di mana mereka hidup.antropologi

Inti dari tulisan ini menegaskan bahwa manusia budaya hanya dapat dipahami melalui pengamatan akan kebudayaan mereka yang dibangun di atas seperangkat world view atau pandangan hidup baku sebagai pusat penggerak kehidupan. Dalam memahami worldview ini pokok-pokok yang  dibahas adalah: Model Kebudayaan; Konsep Realitas dalam Kebudayaan; World view sebagai Perpetaan Realitas Masyarakat; Kebudayaan, Allah, Manusia dan Kepercayaan; Individu, Keluarga, Pengelompokan dan Siklus Hidup dalam Masyarakat; Kebudayaan, Seni-Estetika, Teknologi dan Ekonomi; Komunikasi, Pendidikan, Peran dan Kontrol Sosial dalam Kebudayaan; serta Perubahan Kebudayaan, yang menjelaskan tentang dinamika budaya dan perubahan yang terjadi dalam setiap kebudayaan secara menyeluruh.

Tujuan utama penulisan buku ini ialah untuk meletakkan landasan guna membangun pendekatan lintas budaya (cross culture approach) dalam upaya memuluskan komunikasi dengan kelompok orang yang memiliki kebudayaan yang berbeda. Buku ini khususnya disiapkan guna menolong para Pelayan Lintas Budaya  untuk membangun strategi pelayanan lintas budaya. Buku ini setebal 279 halaman, ukuran  15 x 23 cm.

Anda yang berhasrat memiliki buku ini, dapat memperoleh informasi secara lengkap melalui email: yaktom@centrin.net.id. Terimakasih.

Dr. Yakob Tomatala

Penulis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.