YT Leadership Foundation





Pengantar

Setiap pembelajar perlu memahami bahwa kepemimpinan adalah gejala universal yang dapat ditemukan di mana-mana. Kepemimpinan sebagai Ilmu, baru saja berkembang pada Abad ke XIX,tetapi sebagai seni, kepemimpinan telah dipraktekkan untuk waktu yang panjang, dimana dapat dikatakan bahwa sejak adanya manusia yang hidup sebagai suatu kelompok, sesungguhnya kepemimpinan telah ada. Dalam upaya memahami kepemimpinan, maka ada dua hal awal yang perlu diketahui oleh setiap pembelajar, yaitu; 1. Matra Dasar Kepemimpinan; dan 2. Lingkup Studi Kepemimpnan.

Matra Dasar Kepemimpinan.

Kepemimpinan umumnya memiliki matra-matra dasar yang sama, antara lain:

  1. Kepemimpinan mencakup interaksi individu (pemimpinan dan para bawahan) dan serangkaian variabel dalam situasi serta lokus (lokus sosio-budaya dan kerja) kepemimpinan di mana kepemimpinan diterapkan.
  2. Kepemimpinan berurusan dengan dinamika sistem, mekanisme, atau masinesasi sosial dan orientasi humanis dalam seluruh hakikat serta aspek kepemimpinan.
  3. Kepemimpinan berhubungan erat dengan orientasi teoritis dan riset empiris.  Di sini kepemimpinan dilihat sebagai suatu ilmu dengan objek penelitian yang dapat diteliti karena adanya sampel yang dapat dievaluasi yang didasarkan atas varitas yang diketahui, dapat diobservasi dan dapat diukur.
  4. Kepemimpinan juga memiliki orientasi nilai (value orientation) dalam studi kepemimpinan dari segi social-behavioral.  Orientasi ini berkaitan erat dengan “hubungan antar orang” yang adalah faktor dasar kepemimpinan yang sangat penting.
  5. Kepemimpinan secara utuh menyentuh fungsi-fungsi umum kepemimpinan atau manajemen dan administrasi (fungsi khusus) dalam seluruh kerangka kerja, serta semua bagian yang terdapat pada struktur keorganisasian formil.
  6. Kepemimpinan bertalian erat dengan faktor kontekstual-historikal.  Faktor mana sangat mempengaruhi pola masyarakat, budaya, politik, ekonomi, pendidikan, teknologi, dsb.  Faktor-faktor ini sangat kuat mempengaruhi dan mewarnai kerangka serta pola kepemimpinan dalam setiap kepemimpinan.
  7. Kepemimpinan sangat berkepentingan dengan kerja/pekerjaan dalam segala esensi, sifat, unsur ekonomi, dan lingkungan (lokus) kerjanya.
  8. LINGKUP STUDI KEPEMIMPINAN
  9. Lingkup studi kepemimpinan dapat dipelajari dengan melihat diagram di bawah ini, yang menjelaskan studi kepemimpinan yang mencakup tiga bidang penting, yaitu, Elemen Dasar Kepemimpnan; Doktrin Dasar Kepemimimpinan; dan Pekerjaan atau Tugas Dasar Kepemimpinan seperti di bawah ini:

    Lingkup Studi Kepemimpinan

    lingkup_clip_image001

Bagan ini dikembangkan dari karya J. Robert Clinton yang hanya merinci tiga hal pertama, yaitu elemen, perlengkapan dan nilai dasar kepemimpinan dan kemudian dielaborasi dan dimodifikasi oleh Y. Tomatala seperti terlihat dalam diagram ini. Keterangan rinci dapat diperoleh dari buku Kepemimpinan yang Dinamis, karya Dr. Tomatala.

Lihat buku Kepemimpinan yang dinamis karya Dr. Yakob Tomatala, tentgang pokok ini.

Dalam upaya memahami studi kepemimpinan secara utuh dan lengkap, maka adalah penting bagi setiap pembelajar untuk mempelajari arti, lingkup studi kepemimpinan, serta matra-matranya seperti yang diuraikan pada diagram di atas, yang melingkupi:

  1. Elemen Dasar (Basal Element) Kepemimpinan, yang meliputi: PEMIMPIN, ORANG YANG DIPIMPIN atau BAWAHAN, dan SITUASI KEPEMIMPINAN.
  2. Doktrin Dasar Kepemimpinan yang meliputi: PERLENGKAPAN DASAR KEPEMIMPINAN (Perilaku Pemimpin – leader behavior dan Alat Perlengkapan – resurces) dan NILAI-NILAI DASAR KEPEMIMPINAN (Nilai Teologis dan Nilai Filosofis).
  3. Pekerjaan atau Tugas Dasar Kepemimpinan yang meliputi: ESENSI, SIFAT, UNSUR EKONOMI, dan LINGKUNGAN KERJA kepemimpinan.

Melihat faktor-faktor dan matra-matra kepemimpinan yang pada dasarnya ada pada dan sama dalam semua kepemimpinan pada umumnya, maka setiap pembelajar dapat mengembangkan diri dengan mempelajari secara cermat matra-matra yang disinggung dalam lingkup studi kepemimpinan ini.  Diharapkan bahwa para pembelajar dapat memperoleh kemanfaatan belajar maksimal dengan memulai dari tahap ini. Selamat belajar.

Penjelasan rinci dapat menghubungi DR. Y. Tomatala; email: yaktom@centrin.net.id. Lihat wesite: www.yakobtomatala.com.

Jakarta, April, 2008

4 Responses to “LINGKUP STUDI ILMU KEPEMIMPINAN”

  • Randy Pranarelza:

    terima kasih atas apa yang telah anda sajikan kepada semua orang pak.
    mudah-mudahan apa yang sudah anda sajikan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.
    Pak kalo ga keberatan saya boleh minta kepada bapak agar saya selalu mendapatkan info tentang kepemimpinan dari bapak lewat e-mail.
    saya mengharapkan kiriman info dari bapak ke e-mail saya.
    saya merasa sebagai orang yang paling beruntung dan berbahagia bisa berkenalan dengan sosok bapak.
    salam terhangat dan jabat tangan yang tulus dari saya sejauh berkilo-kilo meter.
    terima kasih.

  • Shalom Randy:

    Terimakasih untuk komentarnya. Kiranya semua yang tersaji di sini membawa kemuiaan bagi TUHAN Allah kita (Roma 11:36) dan menjadi berkat bagi banyak orang. Silakan hubungi saya pada akun: tomatala.yakob@gmail.com. Tuhan membenrkati.

    Salam doa,
    Bp Yakob Tomatala

  • tak ada kata yang lebih baik dari terimakasih atas sumbangan ilmunya dan penerangannya

  • Dear Bro Hakim:

    Terimakasih atas ucapan terimakasihnya. Kiranya artikel dalam web ini menjadi berkat bagi banyak orang yang berhasrat menjadi pemimpin yang berkualitas. Terimakasih

    Salam,
    Bp. Yakob Tomatala

Leave a Reply